Langsung ke konten utama

Cerita Latsarku

Latsar alias pelatihan dasar adalah kegiatan pertama yang paling ku tunggu-tunggu setelah diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), habis itu ya langaskara trus TC (untuk dua ini mungkin akan kuceritakan nanti setelah melewati kegiatannya dan semoga ingat buat share ceritanya juga). Sebenarnya sih, latsar ini tuh syarat untuk diangkat jadi PNS, jadi kami para CPNS harus lulus dulu nih dalam pelatihan ini. Pokoknya kegiatannya itu kaya akan ilmu buat 'ningkatin kompetensi kami para CPNS, latsar juga dikenal dengan sebutan prajabatan. Oiya, kali ini aku lebih ke bercerita pengalaman selama latsar ya, jadi ga akan cerita detail ilmu yang aku dapatin. 

Cerita dimulai dari diterimanya surat panggilan dari yang memfasilitasi latsar ini, yaitu PPMKP (Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian Ciawi Bogor) Ciawi.  Eh ... tunggu dulu keknya aku belum pernah cerita tentang perCPNS ini setelah postingan terakhir. Baiklahhhhh... karena aku belum pernah bahas aku CPNS dipenempatan mananya, kali ini aku kenalan secara singkat aja ya,

Hiiiiii aku Nesa :D wkwk

Kali ini aku akan sharing ke kalian cerita latsar ku sebagai CPNS Kementerian Pertanian. Penempatan ku di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Balai Asahan (TBA) Badan Karantina Pertanian sebagai Calon Analis Perkarantinaan Tumbuhan. Tau ga? Kalo gatau search ae ya di Google jan males :p.

Oke, kita mulai kembali ceritanya. 

Awalnya, sebelum surat pemanggilan latsarku terbit tepat diakhir bulan agustus 2022 lalu, sempat ngerasa sedih tuh sebenarnya, soalnya temen-temen gol III yang lain di UPT yang sama denganku (novia, louren, dan tesa) udah dipanggil duluan pada akhir bulan juni. huffftttt... mikirnya waktu itu ni latsar bakal per golongan jadi yaaaa ... diprediksi aku bakal sendiri nih dari kantorku untuk pemanggilan selanjutnya. Aigooo. FYI  CPNS di TBA ada 8 orang, 4 gol III dan 4 orang lagi gol II. Yoweslahhh... dan disaat itu pula aku ngegantiin tesa di Wilker Kuala Tanjung yang awalnya Aku di Kantor Induk.

Akhirnya surat pemanggilan latsar selanjutnya pun terbit pada akhir bulan Agustus, yap gelombang VI. Hamdalaaah... ternyata ga sendiri deng, ada barengannya yaitu Bg Dan dan Lila. Surat pemanggilan latsar kami saat itu di revisi satu kali, yang awalnya 5 September s.d 6 November 2022 direvisi menjadi 12 September s.d 17 November 2022. Kegiatan Latsar berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, yangmana pelaksanaannya hybrid (daring dan luring). Pembelajaran secara daring itu diawali dengan pembelajaran mandiri hingga evaluasi, dilanjutkan dengan pembelajaran melalui zoom dengan teman-teman kelompok yang sudah ditentukan hingga bimbingan dan evaluasi rancangan aktualisasi. Nah, setelah pembelajaran secara daring kami melanjutkan secara luring aktualisasi di unit kerja, pembelajaran klasikal dan penyampaian seminar aktualisasi di PPMKP Ciawi.


*** Pembelajaran Mandiri ; 22 Agust - 9 Sept 2022 *** 

Ga punya dokumentasi pribadi euy.. skip lah ya. Pokoknya disini nilai evaluasi aku 100 WKWK  :p


*** Pembelajaran Zoom dengan kelompok per materi Agenda 1 - 4 ; 12 Sept 2022 - 5 Okt 2022 ***

Agenda 1 : Sikap Perilaku Bela Negara
Awal pertemuan, masih gabung ni gol II dan III. Tapi tetep pas bagi kelompok, digabungnya sesama golongan, dapetlah kelompok pertama aku bareng Risang, Sofiah, Winda dan Wulan.



Agenda 2 : Nilai-Nilai Dasar PNS
Agenda 2 ini juga masih digabung sama gol II pas sesi materi, nah pas dibagi kelp mulai deh ganti anggota. Kebagiannya bareng Anggi, Risang, Umar dan Bg Yandri (Sesama urutan Ganjil di Angk. 19 Kelp. 4).



Agenda 3 : Kedudukan dan Peran PNS untuk Mendukung Terwujudnya Smart Governance sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan
Agenda 3, masih dengan kelompok yang sama.


Agenda 4 : Habituasi


Kalo dari dokumentasi diatas, keliatan ya abis agenda 2 dokumentasinya sama orang yang sama. Soalnya cuma Agenda 1 doang yang anggota kelompoknya beda (maklum pertemuan pertama ye, pas dah agenda 2 dah mager ganti lagi soalnya ribet mesti bikin grup WhatsApp deui) wkk. Nah Agenda 4 itu kita semua angkatan 19 kelp. 4 dipertemukan kembali.

*** Pelaksanaan Aktualisasi : 11 Okt - 7 Nov 2022 ***

Nah ini bagian yang struggling dari latsar. Etapi sebenarnya yang lebih rumit itu pas nentuin mau aktualisasi apanya. Penentuan aktualisasi ini berakar dari masalah umum yang ditemui dikantor gitu, trus semacam dicari solusi nya 'apa' baru deh diaktualisasikan tu rencana dari solusinya. Dalam merumuskan masalah yang akan diangkat tentu aja ada andil senior apalagi pimpinan dan koordinator di kantor.

Pelaksanaan aktualisasi waktu itu sempat progress nya kek siput, kebayangkan? wkwk. Soalnya tuh fokus sempat kepecah karena Hari Karantina. Aku ikut partisipasi lomba padus ama senam yang latiannya lumayan juga ya.  Ngeles inimah, tapi faktanya yagitusih, mesti bagi waktunya bener-bener sama latian walopun pada akhirnya ga menang wkwk. Yamaugimana yabun :D.

Pada akhirnya pelaksanaan aktualisasi ini dipepet-pepetin diakhir timeline yang udah dibuat. Puncaknya berupa seminar hasil dikantor. Lega banget deh pas dah seminar walopun laporannya belum kelar yang penting seminar dulu aja weh. Materi saji nya disiapin suka-suka yang penting intinya dapet. haha.

Dokumentasi ini nih gambaran pelaksanaan aktualisasi yang kubuat hihi. tapi gabisa kegambar juga sih ya, pokonya ini buktinya weh. Sebenarnya ada video, tp lg mager upload. Seadanya aja...cuss...







*** Pembelajaran Klasikal dan Seminar Aktualisasi : 8 Nov - 17 Nov 2022 *** 

TBA ~ Medan

Tibalah masanya pembelajaran klasikal yang dinanti-nanti, uhuuuy. Feeling nya happy karena diniatin lebih ke liburan aja inimah ke Ciawi. Padahal Laporan belum kelar dan ga dikelarin dulu sebelum berangkat. "Pasti selesai kok ntar" magic word yang saaaaangat menenangkan hati wkwk.

Sebelum berangkat tentu aja ada hal-hal yang disiapin, mulai dari persyaratan wajib sebelum klasikal kek surat-surat gitu (Surat Tugas, Surat sehat, hasil tes urin bebas narkoba) sampe ke list pakaian yang mesti dibawa. Pokonya itu weh, kami bertiga yang dari TBA ini barengan tuh ke RSUD ngurus segala macem surat-suratnya. Nah selain itu yang penting lagi tentu pesen tiket, pesennya waktu itu ke Pak Irfan. Top markotop deh, kami bisa pesan sesuai dengan yang kami request. Kami sengaja untuk berangkat H-2 ditanggal 6 Nov tepatnya hari minggu, sementara acaranya pembukaan klasikal itu masih tanggal 8 Nov, Dont ask Me why? wkwk tentu saja mau melipir dulu :D.

Jeng... jeng... jenggg.....

Tibalah dihari sabtu, tanggal 5 Nov 22. After ngelalui segala keriweuhan packing, berangkatlah 3 kurcaci TBA ke Medan menggunakan Rajawali dalam waktu tempuh kurleb 4 jam. Apa itu Rajawali? tentu itu adalah jenis burung. Kami terbang ke Medan membelah awan dan menyapa angin wkwk. Engga deng, boong. Rajawali itu salah satu opsi bus dalam kota yang lebih direkomendasikan. Kami berangkat sekitar jam 10an keatas kalo gasalah, sampe Medannya sekitar jam 3an siang disambut hujan gerimis. Sebenarnya itu kami dapet bus Rajawali agak gak nyaman sedikit, tapi gapapalah ya sing penting nyampe dengan selamat.

First stop. McD.

Kami bertiga sedari awal memang santai orangnya, jadi sebenarnya untuk bermalam di Medan menuju penerbangan besok belum pesen hotel, makanya milih McD dengan tempat yang cozy sambi makan ya bisa sambi pesen hotel. Sebenarnya aku dari awal ada target hotel yang diincer, tapi ya itu karena udah full kami beralih ke hotel lainnya yang setidaknya masih di Medan kota tapi ke Bandara ga terlalu mahal dengan parameter harga ngegrab. Cukup lama juga tuh di McD, maklum kan hujan juga, jadi ya nikmati aja.

Setelah dapet hotel yang sesuai, Kami pun bergegas ke hotel untuk drop barang lalu sedikit bebersih dan sgala macem untuk selanjutnya muter-muter Medan di malam minggu wkk. Malam itu kami mampir ke pos blok dan sebuah pameran gitu. 





Keesokan harinya 6 Nov 2022, Kami siap-siap untuk menuju bandara. Ga buru-buru sih, kami sempetin sarapan dulu, soalnya jadwal penerbangan itu jam 11 (Citilink) dan jarak hotel ke bandara kurleb setengah jam an aja. Sesampainya di Bandara seperti biasa check-in dan lanjut nunggu. Setelah kurang lebih 2 jam 20 menit mengudara, sampailah kami di Soekarno Hatta International Airport. Hal pertama yang dilakukan claim bagasi. Part yang selalu malas dilakukan tapi harus. Next, Kami dijemput oleh teteh Bg Dan. Ohiya aku belum sempat bilang ya, rencananya kami menginap di rumah teteh Bg Dan di Tangerang, dan malamnya mau jelong-jelong lagi wkwk. Kayaknnya tenaga kami emang penuh, jadi ya pikirannya pengen keluar aja kemana gitu. Setelah sedikit chit chat kami memutuskan untuk kulineran di Pasar Lama Tangerang. uhuuuuyyyyy, pasar lama ini emang terkenal buat kulineran. 








7 Nov 2022. Subuh hari kami sudah bangun dan siap-siap kembali. Rencananya kami akan ke Ciawi hari itu, diawali dengan nebeng teteh bg Dan dulu kearah Jakarta trus lanjut ke Bogor naik KRL, baru deh ngegrab ke Ciawi. Well prepared kan? wkk alias bagi yang ga mau ribet, dahlah skip. Oiya pas udah di Jakarta kami sarapan dulu tuh di McD deket Rasuna Epicentrum kalo gasalah sebelum didrop di stasiun Sudirman.




Ciawi

Btw, selama di Ciawi Kami dibagi di mess yang sudah diatur oleh Panitia. Kebelutan aku kebagian paling ujung di mess Surya dan dipasangkan dengan Mba Zara sebagai roommate di Manggis 4. 

Sesampainya di Ciawi, hal yang pertama aku lakukan adalah mencari keberadaan Manggis 4. Jujur, awalnya bingung sih ini, pas udah masuk kawasan mess surya ternyata masih kebelakang lagi, trus emang dari awal aku ga punya bayangan ini pola perhitungan kamarnya gmn wkwk jadi ya raba-raba dulu meskipun sebenernya Anggi udah kasih arahan padaku sampai akhirnya nanya ke salah satu orang yang pertama aku jumpai. Lupa siapa. Beruntung mas-mas grab nya sabar, jadi ya paham kalo aku juga gatau tujuan pastinya. Segitu juga sempet kebablas digerbang satunya karna bingung masuk gerbang kawasan mess surya ini dimana.

Oiya, Anggi itu bestie yang dipertemukan karena kebagian sekelompok mulu kali ya? wkwk. Jadi kita emang udah kuanggap akrab, sebelum ketemu karena kita cukup sering chat an. Anggi masih dari Kementan tapi BSIP. 

Finally... setelah Manggis 4 udah ketemu, aku ketuk dulu karena katanya udah ada Zara. FYI, sebelum masuk kawasan mess Surya, Pak Satpam yang depan juga udah ngasih tau kalau kunci kamar udah diambil sama temen sekamar. Akhirnya dengan wajah yang sendu Zara menyambutku, ternyata doi lagi gaenak badan, jadilah setelah drop barang aku nanya-nanya dulu butuh apa. Karena aku masih akan keluar dulu, sapa tau bisa aku bantu. Oiya, Bapak grab masih nungguin aku, karena aku mau ikut Bapaknya turun kebawah ke Mess Tirta, tempat bg Dan dan Lila. Apa yang hendak aku lakukan kebawah? test Antigen dan beli-beli keperluan lain termasuk titipan Anggi. Ya... tes Antigen ini masih jadi syarat sih buat kegiatan di masa-masa penghujung covid waktu itu.

After hasil tes keluar, Aku mlanjutkan dengan nongkrong di Mie Ayam abang2 depan warung dekat Mess Tirta. Laper juga ternyata bunnnnn. Beres itu beli perlengkapan dan balik ke mess. Huaaahhhh lelah ternyata pendakian ke Surya itu, masih kebayang deh itu pertama kali dihadapkan dengan jalan kaki ke Surya. Padahal kalo kaki ini diajak jalan-jalan betah-betah aja wkk. Sesampainya di Manggis 4, aku ketemu Anggi, bertegur sapa dulu sama yang baru juga sampe udah aku repotin wkk. Aku, sempat-sempatnya bertransaksi ambil paket yang dititip kirim ke alamat Anggi. Jadi tuh ya, minggu akhir aktualisasi aku mau beli rok item buat tambahan ganti, berhubung udah mepet dan tokonya di jawa sana, aku kirim aja ke Bandung (ke tempat Anggi). Soalnya khawatir ga nyampe. wkwk. Sekali lagi melalui tulisan ini aku haturkan terimakasih sedalam-dalamnya untuk Bestie Anggi :p


wait.....capek juga ngetik cerita latsar yang masih kuanggap permulaan ini wkk 

Udah capek belum bacanya?

Next Part 2 aja ya guyssss :3



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Behind The Scene "(un)officially Sarjana Pertanian"

 (un)officially SP 3 Januari 2018, ± 16.00 WIB @Ruang Sidang Komisi Proteksi Tanaman IPB. Setelah melalui proses menuju sarjana yang begitu menguras tenaga, pikiran, hati dan kantong :D akhirnya title Sarjana Pertanian pun secara (un)officially tercapai sudah. Nesha Priga Hasanah, S.P Alhamdulillah!! Aku terhitung lulus menjadi Sarjana Pertanian di IPB selama 45 bulan alias 4 setengah tahun alias di semester 9. “Lama juga ya nes? Kenapa sih nes? Susah nya dimana? Kapan Seminar? Udah sidang belum?   wisuda?” Hmm.. banyak sih yang berfikiran semacam itu, banyak juga yang dengan ringannya menanyakan pertanyaan-pertanyaan nan menyayat hati *eaaa lebay doang ini* bukan menanyakan kabar. Tau ga disini rasanya gimana? Duh.. senyumin aja. “mohon doanya ya”, “Rabu wisuda kok” (fyi: di IPB jadwal wisuda memang selalu hari Rabu”, Nah ini... jawaban andalan penguatan diri.   harusnya bisa tepat waktu 4 tahun ya nes?. Oke bukan tepat waktu but waktu yang tepat (pembelaan).

My Graduation Day! part 1

Terjawab sudah pertanyaan kapan yang satu ini. Yap, “kapan wisuda?” Setelah beberapa kali melewati rabu, finally its my turn! I get my wednesday for my bachelor graduation J . fyi : graduation day in IPB is alway on wednesday.